Minggu, 23 Desember 2012

Makalah Susu Usia 0 – 6 bulan dan usia 6 – 12 bulan

Diposkan oleh Sitti Assambo di 03.58

Tugas Pengantar Ilmu Peternakan
Makalah Susu Usia 0 – 6 bulan
dan usia 6 – 12 bulan

 
Oleh :
Sitti Isyqzamiyah Assambo
L1 A1 12 029
Kelas : A

JURUSAN PETERNAKAN
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
2012


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar susu (mamae), baik dari binatang maupun dari buah dada seorang ibu. Air susu ibu biasa dikenal dengan ASI, sedangkan susu hewan atau susu tiruan sebagai pengganti susu ibu disebut Pengganti Air Susu Ibu atau PASI pada umumnya adalah air susu dari berbagai binatang ternak, misalnya sapi, kerbau, kambing dan ada pula yang mempergunakan air susu unta atau kuda (Sediaoetama, 2006).
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia (Wikipedia, 2009).
Dalam SK Dirjen Peternakan No. 17 Tahun 1983, dijelaskan definisi susu adalah susu sapi yang meliputi susu segar, susu murni, susu pasteurisasi, dan susu sterilisasi. Susu segar adalah susu murni yang tidak mengalami proses pemanasan. Susu murni adalah cairan yang berasal dari ambing sapi sehat. Susu murni diperoleh dengan cara pemerahan yang benar, tanpa mengurangi atau menambah sesuatu komponen atau bahan lain (Aziz, 2007).
Dalam kenyataannya, susunan zat gizi susu sapi (khususnya protein dan mineral) angkahnya jauh lebih tinggi ketimbang ASI. Sehingga susu dari bahan inilah yang tepat menggantikan peranan ASI. Karena itu sebelum di konsumsikan kepada bayi, susu sapi tadi harus mengalami proses pabrik. Sehingga di hasilkan beragam susu yang komposisi zat gizinya mengalami perubahan untuk di sesuaikan dengan ASI.
Berdasarkan sifat-sifat khusus, susu formula terbagi menjadi:
1.      Formula awal adaptasi atau penyesuaian
Susunan zat gizi susu formula awal adaptasi sangat mendekati susunan ASI. sangat baik bagi bayi baru lahir sampai umur 4 bulan tapi dapat juga di berikan sampai umur 6 bulan. Karena di umur ini saluran pencernaan dan ginjal belum sempurna, sehingga susu formula yang kita berikan harus mengandung zat-zat gizi yang mudah di cerna dan tidak mengandung mineral berlebihan atau kurang.
2.      Susu formula awal lengkap
Susu formula ini susunan zat gizinya lengkap. Pemberian di berikan sejak bayi lahir. Kadar protein dan mineralnya lebih tinggi. Keuntungannya harganya relatif lebih murah karena pembuatannya tidak serumit pembuatan formula adaptasi. Sebagai sumber protein dan mineral di pakai susu skim (tanpa lemak) atau campuran susu skim dengan susu sapi. Sumber lemak menggunakan lemak tumbuhan yang banyak asam lemak tak jenuh. Seperti minyak jagung, kacang tanah, kedelai, dan biji matahari. Karbohidrat menggunakan bahan yang mudah di cerna.
3.      Susu formula khusus
Susu ini di peruntukkan bagi balita yang bermasalah. Artinya tidak semua unsur yang ada dalam susu biasa dapat di cerna dengan baik, ada bayi yang tidak bisa mencerna lemak, tidak bisa mengurai laktosa, alergi terhadap protein dan lain-lain. Kalau balita anda mengalami hal di atas jangan sembarangan membeli susu formula harus konsultasi ke dokter dulu karena tidak semua susu formula cocok buat balita.

B.     Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan memberi informasi kepada pembaca tentang manfaat dan kadungan nutrisi susu  fomula.
C.     Manfaat
Sebagai bahan referensi mahasiswa tentang susu formula.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Susu Formula 0 - 6 Bulan
1.      Merek Susu
 SGM (Susu Gula Minyak) merupakan produk susu formula bayi yang diproduksi oleh PT. Sari Husada Tbk, perusahaan pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri memproduksi susu bayi sejak tahun 1965.
Sejarah berdirinya PT. Sari Husada Tbk adalah berkat kerjasama Pemerintah tanah air dengan UNICEF untuk mengatasi problematika gizi di Indonesia pada saat itu. 45 tahun sudah usia susu SGM di Indonesia, terbilang senior dibandingkan produk-produk merk lain.
Setelah sekian lama berkecimpung di bidang susu formula bayi, susu SGM telah membuktikan diri mampu membantu anak-anak Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gizinya sejak lahir.
2.      Kandungan Nutrisi Susu
Susu formula SGM 1 mengandung beberapa nutrisi, yaitu
a.       11 Asam Amino Esensial, sebagai komponen penyusun protein. Terdiri dari:
a)      Isoleusin, menyediakan energi untuk otot sekaligus mencegah kerusakan otot. Asam amino ini memainkan peran penting pula dalam pembentukan hemoglobin.
b)      Leusin,  membantu mengurangi pemecahan protein otot. Asam amino ini memfasilitasi penyembuhan patah tulang dan juga penyerapan prekursor neurotransmitter oleh otak
c)      Lisin, penting untuk pertumbuhan serta memperbaiki otot. Bersama dengan vitamin C, lisin memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen. Selain itu, asam amino esensial ini memfasilitasi penyerapan kalsium dan produksi antibodi, enzim, serta hormon. Lisin dapat menurunkan trigliserida dalam tubuh dan terbukti efektif mengobati herpes genital
d)     Metionin, adalah prekursor sistein dan kreatin. Dengan kata lain, tubuh dapat mensintesis dua asam amino dari metionin. Selain itu, metionin membantu menghilangkan zat beracun dari hati dan memfasilitasi regenerasi hati sekaligus mengurangi tingkat kolesterol darah.
e)      Fenilalanin,  adalah jenis asam amino yang memainkan peran penting dalam produksi pigmen melanin kulit, beberapa hormon, dan beberapa jenis asam amino lainnya.
f)       Threonin, merupakanasam amino esensial dan merupakan homolog yang lebih besar dari serin. Mula-mula treonin diisolasidari hasil hidrolisis fibrin darah. Nama lain dari treonin adalahasam 2-amino-3-hidroksibutanoat dengan rumus CH3CH(OH)CH(NH2)COOH.
g)      Triptofan, penting untuk pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Triptofan adalah prekursor dari serotonin. Serotonin diketahui menenangkan sistem saraf pusat. Rendahnya tingkat serotonin sering dikaitkan dengan depresi.
h)      Valin, merupakanasam amino esensial yang diperoleh dari hidrolisis protein atau secara sintesis. Valin merupakan butiran lembaran berkilap putih dengan rumus CH3CH(CH3)CH(NH2)COOH.
i)        Tirosin, pada dasarnya diperlukan untuk sintesis katekolamin seperti dopamin dan noradrenalin. Telah diamati bahwa individu yang menderita depresi biasanya memiliki tingkat rendah tirosin. Ini adalah alasan mengapa tirosin digunakan dalam pengobatan depresi.
j)        Histidin, merupakan prekursor histamin yang merupakan bahan kimia yang dilepaskan oleh sistem imun selama reaksi alergi. Histidin melebarkan pembuluh darah dan bermanfaat untuk mengurangi gejala rheumatoid arthritis.
k)      Sistein, dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Asam amino ini membantu pula dalam proses detoksifikasi tubuh, selain memberikan perlindungan terhadap toksisitas tembaga.
b.      Zat Besi, membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi.
c.       Prebiotik FOS Inulin, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna.
d.      Kolin, berperan sebagai pembentuk fosfatidilkolin, bagian terpenting dari membran sel.
3.      Manfaat Dari Susu
Manfaat dari mengonsumsi susu ini adalah untuk merangsang perkembangan otak, daya tahan tubuh, memperbaiki organ pencernaan, membantu pembentukan sel darah merah.
B.     Susu Formula 6 - 12 Bulan
1.      Merek Susu
Nutrilon merupakan salah satu merk produk susu bayi yang dihasilkan oleh perusahaan produsen susu terkenal, Nutricia. Nutrilon memiliki beberapa jenis produk yaitu, Nutrilon, Nutrilon Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Kandungan masing-masing susu formula tersebut nyaris tidak memiliki perbedaan, sedikit perbedaan hanya terletak pada jumlah takaran dari kandungan nutrisi dan harga yang dibandrol pada masing-masing jenis produk. Nutrilon Royal tergolong produk paling mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon Gold maupun Nutrilon.
Nutrilon Soya 2 merupakan formula lanjutan yang dibuat dengan isolat protein kedelai, untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi anda apabila dipakai sesuai dengan anjuran yang diberikan. Nutrilon Soya 2 diformulasikan untuk bayi 6-12 bulan yang indikasi intoleran terhadap laktosa atau protein susu sapi atau yang menderita galaktosemia.
2.      Kandungan Nutrisi Susu
Hanya susu Nutrilon Soya yang sangat berbeda kandungannya dibandingkan produk Nutrilon lain, terbuat dari susu kedelai dan bukan susu sapi, Nutrilon Soya diciptakan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang alergi dengan susu sapi, bebas laktosa, bebas protein susu sapi, mengandung omega 3 dan omega 6, serta tambahan kalsium maupun fosfor.
Susu formula Nutrilon Soya mengunggulkan Prebiotik FOS (Fructo Oligo Sakarida) yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membatasi pertumbuhan bakteri patogen yang sesuai dengan motto Nutrilon, fokus pada nutrisi lengkap untuk kesehatan saluran cerna dan tumbuh kembang optimal pada bayi.
3.      Manfaat Dari Susu
Susu formula ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membatasi pertumbuhan bakteri pathogen.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Sebaiknya pada bulan awal untuk bayi diberikan ASI karena air susu ibu adalah makanan terbaik yang dapat diberikan kepada bayi dalam enam bulan pertama kehidupan. Akan tetapi banyak wanita yang produksi air susunya kurang sehingga bisa mencari alternatif seperti memberikan susu formula.














DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Poskan Komentar

 

My World Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei